• (0274) 560232, 552977


RANGKAIAN LUSTRUM XVI, SMPN 1 YOGYAKARTA MENGGELAR LOMBA MATA PELAJARAN TINGKAT SD

Eka Adytianto, Editor: Risa Hafida Indradini | 09-09-2022 | dibaca 1082 kali

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-80 sekaligus Lustrum ke-XVI, SMPN 1 Yogyakarta mengadakan Lomba Mata Pelajaran tingkat SD se-Kota Yogyakarta yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 3-4 September 2022. Lomba ini terselenggara atas kerjasama Panitia Lustrum, Panitia Lomba, dan OSIS SMPN 1 Yogyakarta. Lomba ini dapat diikuti siswa SD kelas 4, 5, dan kelas 6. Mata pelajaran yang diujikan dalam lomba ini adalah mata pelajaran yang masuk ASPD SD, yaitu bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dengan jenis soal pilihan ganda sesuai standar ASPD SD.
Lomba ini terdiri dari 2 tahap, yaitu babak penyisihan yang dilaksanakan pada Sabtu (3/9) dan babak final yang dilaksanakan pada Minggu (4/9). Babak penyisihan diikuti hampir 163 peserta yang berasal dari 50 Sekolah Negeri maupun Swasta di Kota Yogyakarta. Babak penyisihan dilaksanakan secara online menggunakan platform Google Form dengan waktu pengerjaan soal 120 menit. Dalam pengerjaan soal, peserta diawasi oleh panitia dari OSIS SMPN 1 Yogyakarta menggunakan Zoom Meeting. Hasil babak penyisihan kemudian dirangking untuk diambil 20 peserta dengan nilai terbaik untuk maju di babak final.
Babak final dilaksanakan secara luring di Laboratorium TIK SMPN 1 Yogyakarta. Hasil babak final kemudian dirangking dan diambil 6 peraih nilai terbaik untuk keluar sebagai juara. Alinggana Randiosha berhasil menjadi juara 1 yang berasal dari SD Ungaran 1 kemudian disusul Tristan Zahrani Putri dari SD Muhammadiyah Nitikan sebagai juara 2, Alkahf Muhammad Zanjabiil dari SD Muhammadiyah Nitikan sebagai juara 3, Muhammad Rafi Syahputra dari SD Keputran 1 sebagai Harapan 1, Kacayajna Wistara dari SD Ngupasan sebagai Harapan 2, dan Fabian Navaro El Hafizh dari SD Ungaran 1 sebagai Harapan 3. Para juara mendapatkan hadiah berupa trophy, sertifikat, dan uang pembinaan untuk juara 1, 2, 3 yang diberikan pada Kamis (8/9) pada acara Spedjita Fest: Art Performance and Market Day di Lapangan SMPN 1 Yogyakarta. Hadiah diberikan langsung oleh Kepala SMPN 1 Yogyakarta, yaitu ibu Dra. Y. Niken Sasanti, M. Pd. kepada para juara.