• (0274) 560232, 552977


LOMBA MURAL BATIK YOGYAKARTA TURUT MERAMAIKAN LUSTRUM SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA KE-16

Arum Wulaningsih | 16-09-2022 | dibaca 318 kali

Sebagai salah satu dari serangkaian kegiatan lustrum SMP Negeri 1 Yogyakarta yang ke-16, SMP Negeri 1 Yogkarta mengadakan lomba mural Batik Yogyakarta pada Jum’at (9/9) dan Kamis (15/9) bertempat di Panggung Eksterasi SMP Negeri 1 Yogyakarta. Kegiatan ini sangat baik dilaksanakan agar dapat mengembangkan kreatifitas siswa melalui seni membatik. Hal tersebut dilakukan agar siswa dapat menanamkan kecintaan terhadap Batik Yogyakarta, mengenalkan motif Batik Yogyakarta serta melestarikan Batik Yogyakarta sebagai salah satu warisan budaya bangsa.

Lomba Mural diikuti oleh maksimal 6 siswa yang merupakan perwakilan dari setiap kelas yang berjumlah 24 kelas. Dalam pelaksanaannya, panitia sudah menentukan Motif Batik Yogyakarta yang dilukis oleh siswa yaitu diantaranya Motif Parang Gurdho, Motif Truntum, Motif Grompol, Motif Sido Asih, Motif Kawung Semar, Motif Parang, Motif Sido Mulyo dan Motif Sido Luhur. Selain motif batik, panitia juga sudah menentukan lokasi media lukis berupa lembaran tembok pagar di sekitar area panggung eksterasi.

Peserta lomba mengikuti lomba mural dengan antusias. Kegiatan mural berlangsung sangat meriah dengan adanya hiburan dari beberapa panitia yang menampikan lagu-lagu penyemangat untuk menambah semangat bagi para peserta lomba. (AW)