• (0274) 560232, 552977


SMPN 1 LAKSANAKAN LDKS MEMBENTUK PEMIMPIN YANG BERKARAKTER

Lituhayu Cetta & Dyah Ayu Maharani (Editor: Risa Hafida Indradini) | 22-10-2022 | dibaca 409 kali

SMPN 1 Yogyakarta membangun pendidikan karakter siswanya melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) untuk pengurus OSIS tahun 2021-2022. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari di Desa Wisata Kelor, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan menanamkan sifat-sifat kepemimpinan pada diri siswa.

Para peserta LDKS berangkat dari sekolah menuju tempat pelaksanakan LDKS pada hari Jumat (21/10) pukul 15.00. Para peserta tiba di lokasi pada pukul 16.00.
Pada kegiatan LDKS, para peserta diberikan materi mengenai kepemimpinan. Seorang pemimpin haruslah berwawasan ke depan, jujur, tidak egois, konsisten, berani, dan memiliki kemayan kuat untuk melakukan sesuatu. Sifat-sifat kepemimpinan tersebut sangatlah penting bagi para siswa. Dengan adanya LDKS, sekolah berharap dapat memberikan bekal nonakademik kepada para siswa. Terlebih lagi dalam kemampuan berorganisasi, kepemimpinan, dan pendidikan karakter. Kemampuan tersebut sangatlah bermanfaat bagi kehidupan para siswa di kemudian hari.
Pada hari terakhir LDKS (22/10), dilaksanakan outbond. Kegiatan tersebut diisi dengna kegiatan yang menyenangkan. Selain menyenangkan, kegiatan tersebut mengandung pembelajaran mengenai kerja sama dan gotong royong. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti LDKS tersebut. Perlu dipahami bahwa pembelajaran kepemimpinan sangat penting untuk ditanamkan pada diri siswa. Hal ini dikarenakan oleh mereka merupakan generasi penerus bangsa yang ke depannya akan memimpin negeri ini.