• (0274) 560232, 552977


SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA GELAR SYAWALAN: JALIN SILATURAHMI DAN SALING MEMAAFKAN UNTUK KEMBALI SUCI DALAM SEMANGAT KEBERSAMAAN

NINDIA PRATIWI | 26-04-2023 | dibaca 403 kali

Yogyakarta-Dalam rangka menjalin silaturahmi dan saling memaafkan untuk kembali suci dalam semangat kebersamaan, keluarga besar SMP Negeri 1 Yogyakarta menggelar syawalan. Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan jajarannya. Syawalan diselenggarakan di GOR SMP Negeri 1 Yogyakarta pada Rabu (26/04/2023) dengan menghadirkan guru purna tugas, yaitu Ustadz Samdani sebagai narasumber. Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Lurah Terban, Ketua RT dan RW, Babinsa Koramil, dan perwakilan Bhabinkamtibmas Polsek setempat.

Dalam ceramahnya, Ustadz Samdani mengingatkan kepada para undangan tentang hakikat fitrah dan syawal. Kembali ke fitrah berarti kembali pada sifat asal, kesucian, bakat, dan pembawaan manusia yang berlaku universal. Dalam hadis yang sangat terkenal, Nabi Muhammad SAW menegaskan bahwa setiap manusia terlahir dalam keadaan fitrah (kullu mauludin yuladu 'alal fithrati). Sementara syawal adalah bulan peningkatan. Jika di bulan ramadan kita dilatih untuk berpuasa dan menjalankan qiyamul lail serta bertadarus qur’an, maka setelah memasuki bulan syawal ini dan seterusnya hendaklah kita tetap istiqomah dan lestarikan berbagai amalan ibadah. Selain itu momentum syawal ini kita tingkatkan bersama dalam menjalin komunikasi yang sebaik-baiknya dan tingkatkan toleransi, agar kehidupan di tengah-tengah masyarakat menjadi aman, damai, dan tentram. (nnd)