• (0274) 560232, 552977


KEGIATAN MOTIVASI PERSIAPAN PELAKSANAAN ASPD

Debi Istiantoro | 29-03-2022 | dibaca 471 kali

Serangkaian persiapan bagi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Yogyakarta  menjelang pelaksanaan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) terus dilakukan. Kegiatan seperti pembelajaran tambahan (Les Pintar), Try Out, dan Tes Pendalaman Materi, sudah dilaksanakan untuk mempersiapkan kognitif siswa jelang pelaksanaan ASPD. Kegiatan tersebut berfokus pada mata pelajaran utama ASPD yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Pembelajaran tambahan, Try Out, dan Pendalaman materi merupakan bagian dari persiapan ranah kognitif siswa. Sebagai pelengkap, aspek psikologis siswa juga perlu dipersiapkan.  

Atas dasar itulah, SMP Negeri 1 Yogyakarta mengadakan acara “Motivasi dan Siap ASPD” bagi siswa kelas IX. Acara dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2022 bertempat di GOR SMPN 1 Yogyakarta. Dikarenakan masih dalam situasi pandemi, maka kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama diikuti oleh siswa kelas 9 A, B, C, dan D dan sesi kedua di ikuti oleh siswa kelas 9 E, F, G, dan H. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan Covid 19. 

Acara dimulai dengan sambutan Kepala Sekolah SMPN 1 Yogyakarta Dra, Y. Niken Sasanti, M.Pd  yang pada kesempatan itu didampingi oleh Guru Bimbingan dan Konseling dan juga wali kelas IX SMPN 1 Yogyakarta. Dalam sambutannya beliau berpesan agar semua siswa kelas IX untuk bisa mempersiapkan ASPD dengan sebaik- baiknya. Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada siswa kelas IX yang sudah berusaha dengan baik mengikuti Try Out, TPM maupun Persiapan dan Pemantapan ASPD yang dilaksanakan oleh Provinsi. Beliau juga berharap siswa kelas IX SMPN 1 Yogyakarta bisa mendapatkan hasil terbaik dan maksimal dalam pelaksanaan ASPD utama yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Mei mendatang.

Acara dilanjutkan dengan motivasi yang disampaikan oleh Zulfa Khofifa, M.Psi., Psikolog. Siswa diajak untuk menuliskan persiapan- persiapan yang sudah dilakukan menjelang pelaksanaan ASPD. Kemudian siswa juga diajak untuk sharing terkait dengan kendala apa yang dihadapi dalam mempersiapkan ASPD. Siswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pemateri. Seluruh siswa kelas IX antusias dalam mengikuti acara tersebut.

Di akhir acara siswa diputarkan video yang berisi foto- foto mereka selama mengikuti pembelajaran di SMPN 1 Yogyakarta. Foto yang di tampilkan adalah dokumentasi proses belajar daring yang mereka lakukan selama kelas 7 dan 8. Pemutaran video tersebut di barengi dengan penguatan yang disampaikan Oleh Bapak Arif Suhendarto, S.Pd. selaku guru BK di SMPN 1 Yogyakarta. Harapannya agar siswa mengingat Kembali perjuangan yang sudah mereka lakukan selama ini dan akhirnya dapat memacu mereka untuk menyelesaikan perjuangannya dengan maksimal dan mendapatkan hasil yang terbaik.(db)