• (0274) 560232, 552977


PERESMIAN TAMAN SATRIA SIAGA, SANGGAR PRAMUKA, STUDIO MINI, DAN PANGGUNG EKSTERASI

Y. Niken Sasanti | 10-01-2022 | dibaca 148 kali

Di tengah pandemi SMPN 1 Yogyakarta berupaya terus menggeliat dengan produktif  berkarya. Maka pada tanggal 10 Januari 2022 diresmikan beberapa wujud karya warga SMPN 1 Yogyakarta. Pertama, Taman Satria Siaga yang di dalamnya ada monumen kecil untuk mengenang jasa dua pahlawan pelajar dari SMPN 1 Yogyakarta, yaitu Muhammad Wardani dan Djohar Nurhadi yang gugur dalam pertempuran Kotabaru pada tanggal 7 Oktober 1945. Jasa mereka tak cukup hanya dikenang, namun dijadikan sarana pendidikan karakter untuk para siswa SMPN 1 Yogyakarta. Khususnya pendidikan karakter untuk membangkitkan jiwa nasionalisme, untuk menginspirasi anak-anak melakukan kebaikan yang tulus dan berjuang di masa kini tanpa pamrih. Harapannya anak-anak pun akan bisa menjadi pahlawan-pahlawan di lingkungannya masing-masing, di masyarakat, maupun menjadi pahlawan bangsa.

Kedua, Panggung Eksterasi, yaitu sebuah panggung untuk berekspresi dan berliterasi. Letaknya di belakang masjid sekolah. Panggung dengan konsep outdoor tersebut akan menjadi tempat siswa untuk berekspresi, berliterasi, dan berkreasi. Guru-guru dapat memanfaatkannya untuk pembelajaran outdoor, misalnya dalam Pelajaran Bahasa, di tempat itu anak-anak bisa bermain drama, membaca puisi, bercerita. Guru Seni Budaya juga dapat memanfaatkannya untuk pembelajaran seni rupa atau seni musik.

Ketiga, Sanggar Pramuka Satria Siaga. Selama ini sanggar Pramuka yang dimilik SMP 1 terasa sempit, maka dibuatlah sanggar Pramuka yang lebih luas. Harapannya dengan tempat yang memadai ini adik-adik pramuka semakin bersemangat dan pramuka gudep SMP 1 makin maju.

Keempat, Studio Mini Satria Siaga. Studio dengan ruang kedap suara ini nantinya dipakai untuk memproduksi produk-produk digital sekolah kami, misalnya siaran podcast, video  pembelajaran, dan lainnya.

Peresmian Taman Satria Siaga, Sanggar Pramuka, Studio Mini, dan Panggung Eksterasi dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Bapak Budi Santtosa Asrori, SE., M.Si., Kepala Bidang Pembinaan SMP, Bapak Hasyim, Ketua Komite, Ketua Paguyuban Alumni, Kapolsek Gondokusuman, Para Pengawas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, dan tamu undangan lainnya. (YNS)